Perkembangan Kerja Sama Perdagangan Indonesia - Arab Saudi
Dalam blog kedua saya , saya diberikan tugas oleh dosen saya untuk mengangkat topik isu-isu strategis Indonesia dalam Perdagangan Internasional, dan kali ini saya memilih untuk lebih spesifik ke Perdagangan antara negara Indonesia dengan Arab Saudi,
semoga tulisan ini bermanfaat untuk semuanya :)
Perkembangan Kerja Sama Perdagangan Indonesia – Arab Saudi
Potensi pasar
Indonesia yang makin berkembang membuat pengusaha Arab Saudi kini semakin
melirik dan meminati produk-produk Indonesia. Data Badan Pusat Statistik
(BPS) per Januari 2012 menunjukkan kenaikan nilai ekspor produk nonmigas
Indonesia ke Arab Saudi periode Januari–Oktober 2011 mencapai hampir USD1,2
miliar naik 24,63 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar
USD962,7 juta.
Besarnya minat
pengusaha Arab Saudi terhadap produk-produk Indonesia, dapat diindikasikan
dengan meningkatnya jumlah permintaan hubungan dagang atau permintaan impor
komoditas (inquiry) dari pengusaha Arab Saudi kepada pengusaha Indonesia
melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) KJRI jeddah selama 2011.
Menurut data yang dimiliki KJRI Jeddah, selama 2011 tercatat ada 135 permintaan hubungan dagang, atau meningkat 23,85 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 109 permintaan. Meningkatnya jumlah tersebut dipicu oleh, antara lain, gencarnya kegiatan kontak bisnis yang dilakukan ITPC KJRI Jeddah dalam rangka promosi produk dan kegiatan pameran di Indonesia kepada para pengusaha dan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arab Saudi di berbagai kota besar di wilayah kerja KJRI Jeddah, yaitu Jeddah, Makkah, Madinah, Taif, Yanbu, Rabigh, Abha, Al-Baha, Najran, dan Jizan.
Komoditas Indonesia yang dilirik dan diminati pengusaha Arab Saudi selama 2011 sangat beragam, seperti produk bahan makanan dan minuman (minyak kelapa sawit, bumbu rempah, jahe segar, teh, ikan tuna segar, buah segar, bahan makanan, mi instan, confectionery, pemanis rendah kalori, makanan ringan, daging segar beku, saus tomat, dan cabai. Sementara untuk produk bahan bangunan seperti ubin keramik, marmer, wood flooring, produk kayu, plywood, dan blockboard, produk tekstil tailoring material, garmen, tekstil, kapas, dan sutra, produk perlengkapan rumah tangga furnitur, peralatan listrik, aksesoris pompa air, peralatan dapur, glasswares, home accessories, kitchen cabinet, bahan dekorasi gordyn.
Sedangkan untuk produk dekorasi, dan fire safety, dan ada produk lainnya seperti kendaraan bermotor, ban kendaraan, suku cadang kendaraan, bahan kimia, essensial oil, bahan mentah parfum, kertas fotokopi, arang briket, perlengkapan kesehatan, peralatan rumah sakit, alat penangkap dan pancing ikan, dan mesin pembuat es. Tidak hanya melakukan promosi ke daerah-daerah, KJRI Jeddah pada tahun yang sama juga aktif mengikuti pameran perdagangan internasional yang diselenggarakan di Jeddah dan Riyadh, yaitu pameran Food, Hotel and Propac Arabia 2011, Furnidex Arabia 2011 dan Saudi Agriculture/Agro-Food 2011.
Menurut data yang dimiliki KJRI Jeddah, selama 2011 tercatat ada 135 permintaan hubungan dagang, atau meningkat 23,85 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 109 permintaan. Meningkatnya jumlah tersebut dipicu oleh, antara lain, gencarnya kegiatan kontak bisnis yang dilakukan ITPC KJRI Jeddah dalam rangka promosi produk dan kegiatan pameran di Indonesia kepada para pengusaha dan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arab Saudi di berbagai kota besar di wilayah kerja KJRI Jeddah, yaitu Jeddah, Makkah, Madinah, Taif, Yanbu, Rabigh, Abha, Al-Baha, Najran, dan Jizan.
Komoditas Indonesia yang dilirik dan diminati pengusaha Arab Saudi selama 2011 sangat beragam, seperti produk bahan makanan dan minuman (minyak kelapa sawit, bumbu rempah, jahe segar, teh, ikan tuna segar, buah segar, bahan makanan, mi instan, confectionery, pemanis rendah kalori, makanan ringan, daging segar beku, saus tomat, dan cabai. Sementara untuk produk bahan bangunan seperti ubin keramik, marmer, wood flooring, produk kayu, plywood, dan blockboard, produk tekstil tailoring material, garmen, tekstil, kapas, dan sutra, produk perlengkapan rumah tangga furnitur, peralatan listrik, aksesoris pompa air, peralatan dapur, glasswares, home accessories, kitchen cabinet, bahan dekorasi gordyn.
Sedangkan untuk produk dekorasi, dan fire safety, dan ada produk lainnya seperti kendaraan bermotor, ban kendaraan, suku cadang kendaraan, bahan kimia, essensial oil, bahan mentah parfum, kertas fotokopi, arang briket, perlengkapan kesehatan, peralatan rumah sakit, alat penangkap dan pancing ikan, dan mesin pembuat es. Tidak hanya melakukan promosi ke daerah-daerah, KJRI Jeddah pada tahun yang sama juga aktif mengikuti pameran perdagangan internasional yang diselenggarakan di Jeddah dan Riyadh, yaitu pameran Food, Hotel and Propac Arabia 2011, Furnidex Arabia 2011 dan Saudi Agriculture/Agro-Food 2011.
Nilai total
transaksi order produk Indonesia oleh pengusaha Arab Saudi dari ketiga pameran
tersebut mencapai USD480.749 atau, bila menggunakan kurs yang berlaku saat ini,
setara dengan Rp4,4 miliar. Tidak lah mengherankan apabila para pengusaha
Indonesia belakangan mulai melirik Arab Saudi sebagai pasar potensial bagi
produk Indonesia, khususnya untuk kawasan Timur Tengah.
Arab Saudi dinilai memiliki sejumlah faktor pendukung yang belum tentu dimiliki negara-negara lain di kawasan tersebut, antara lain jumlah penduduk yang cukup besar sebanyak 27,5 juta jiwa, ditambah jumlah WNI yang tinggal dan bekerja di Arab Saudi, yang jumlahnya diperkirakan mencapai satu juta jiwa. Faktor lainnya adalah tingkat kesejahteraan warga Arab Saudi, dengan pendapatan per kapita USD15,774 pada 2010, yang cukup baik dengan kemampuan daya beli yang tinggi.
Arab Saudi dinilai memiliki sejumlah faktor pendukung yang belum tentu dimiliki negara-negara lain di kawasan tersebut, antara lain jumlah penduduk yang cukup besar sebanyak 27,5 juta jiwa, ditambah jumlah WNI yang tinggal dan bekerja di Arab Saudi, yang jumlahnya diperkirakan mencapai satu juta jiwa. Faktor lainnya adalah tingkat kesejahteraan warga Arab Saudi, dengan pendapatan per kapita USD15,774 pada 2010, yang cukup baik dengan kemampuan daya beli yang tinggi.
Meskipun peluang
ekspor produk nasional ke Arab Saudi terbuka lebar, KJRI Jeddah mengakui para
pengusaha Indonesia masih kurang agresif dalam menerobos pasar Arab Saudi dan
mempromosikan produknya. Belum maksimalnya pengusaha Indonesia dalam
memanfaatkan peluang ekspor produk melalui berbagai pameran internasional dan
minimnya ketersediaan bahan informasi seperti brosur, katalog, profil, data dan
laman resmi perusahaan perusahaan Indonesia membuat sulitnya pengusaha Arab
Saudi.
KJRI Jeddah juga menyayangkan masih adanya tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum pengusaha ataupun eksportir nakal di Indonesia, yang mengakibatkan kerugian bagi mitranya pengusaha Arab Saudi.
KJRI Jeddah juga menyayangkan masih adanya tindak penipuan yang dilakukan oleh oknum pengusaha ataupun eksportir nakal di Indonesia, yang mengakibatkan kerugian bagi mitranya pengusaha Arab Saudi.
Indonesia Memperkuat Kerja Sama
dengan Saudi
Kunjungan Raja
Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia telah menghasilkan
beberapa kesepakatan kerja sama antar dua negara. Kerja sama tersebut menjadi
momentum untuk menjadikan Arab Saudi sebagai mitra perdagangan strategis
Indonesia. Apalagi, Arab Saudi merupakan pemain kunci Gulf Cooperation Council
(GCC) aliansi politik dan ekonomi dari enam negara yaitu Saudi Arabia, Kuwait,
Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain, dan Oman. “Arab Saudi merupakan pemain kunci
Gulf Cooperation Council (GCC).
Dalam kerja sama
ini , Indonesia dan Arab Saudi sepakat mengembangkan strategi perdagangan luar
negeri, melakukan riset pemasaran, mendorong joint activities dan joint
courses bidang perdagangan, dan bertukar informasi perdagangan. Selain itu,
kedua negara sepakat berbagi pengalaman di bidang basis data perdagangan serta
mendorong partisipasi dunia usaha dalam forum, workshop, dan seminar.
Adapun kerja
sama tersebut merupakan kesepakatan turunan dari Economic and Technical
Cooperation Agreement between Republic of Indonesia and the Kingdom of Saudi
Arabia yang ditandatangani pada 1981 oleh kedua negara. Indonesia sebenarnya
berminat meningkatkan kerja sama perdagangan dengan Arab Saudi melalui preferential
trading agreement (PTA) atau comprehensive economic partnership agreement
(CEPA).
Namun, mengingat
Arab Saudi terikat dalam aliansi politik dan ekonomi di kawasan Teluk/GCC dalam
bentuk custom union, maka kerja sama perundingan perdagangan tersebut
harus dilakukan dengan GCC. Oleh karena itu, Indonesia mengharapkan
dukungan Arab Saudi agar diadakan sebuah studi kelayakan gabungan (joint
feasibility study) dalam rangka kerja sama Indonesia-GCC. Total nilai
perdagangan Indonesia-Arab Saudi sepanjang tahun lalu tercatat 4,06 miliar
dolar AS atau turun 25,98 persen dibandingkan 2015. Pada tahun lalu, Arab Saudi
merupakan negara tujuan ekspor terbesar Indonesia ke kawasan Timur Tengah
dengan nilai ekspor 1,33 miliar dolar AS.
Sedangkan
impor Indonesia dari Arab Saudi sebesar 2,73 miliar dolar AS. Dengan demikian
Indonesia mengalami defisit neraca perdagangan dengan Arab Saudi sebesar 1,39
miliar dolar AS pada 2016 karena impor migas yang besar. Sebaliknya untuk
neraca perdagangan nonmigas, Indonesia mendapat surplus sebesar 627,5 juta
dolar AS.
(Sumber : http://economy.okezone.com/read/2012/01/17/320/558533/arab-makin-tergiur-produk-asal-indonesia)
https://kumparan.com/angga-sukmawijaya/indonesia-perkuat-kerja-sama-perdagangan-dengan-arab-saudi
https://kumparan.com/angga-sukmawijaya/indonesia-perkuat-kerja-sama-perdagangan-dengan-arab-saudi
Agen judi bola, agen judi casino,agen judi slots game, Bandar togel, Situs judi terpercaya, situs judi online
ReplyDeletePrediksi Bola jitu Prediksi Skor, Prediksi pertandingan, Prediksi pildun, Prediksi piala dunia, Prediksi gol, agen bola, situs judi bola, kuis tebak skor, Berita bola, berita terupdate, Bandar bola terpercaya, situs betting online, poker online, poker player vs player, Situs judi online terbesar
Agen sbobet, Agen Asia77, Agen MAXBET, Agen IBCBET, Agen judi bola, Cara bermain sportsbook, Cara bermain sbobet, cara bermain asia77, cara bermain maxbet, cara bermain ibcbet, Agen judi terpercaya
cewe sange, cewe mesum, cewe bugil, cerita sex, sex, Seberapa Tahan lama, Ukuran payudara, cara membesarkan penis, Ukuran Mister P, blog bikin sange, obat tahan lama
video sex, pembesar penis, toket besar, manstrubasi, gengbeng, anal sex, lesbian girl , big cock, big tits